DPMPTSP melakukan kegiatan lapangan yaitu monitoring dan pengawasan kegiatan investasi usaha perhotelan/guest house di wilayah tabalong.

Hari kamis, 17 septmbr 2020 DPMPTSP Tab. Melalu Bidang Pengendalian Pelaksaan PM melakukan kegiatan lapangan yaitu monitoring dan pengawasan kegiatan investasi usaha perhotelan/guest house di wil.tabalong.

Hari ini dilakukan monev terhadap 2 guest house yaitu “De Nanuy guest house” dan “Melinda guest house” keduanya terletak di kompleks Swa Dharma Lestari atau persis di seberang hotel Aston Tanjung, serta hotel “Bunga Tanjung” yang berlokasi di pusat kota dekat pasar Tanjung.

Secara umum kedua guest house dan hotel tersebut posisinya berada di tempat strategis yaitu di kelurahan mabuun di seberang hotel Aston yang pada kondisi wajar sering kelebihan permintaan tamu dibanding jumlah kamar sehingga keberadaan 2 guest house ini bisa menjadi alternatif tamu yang tidak tertampung di htl aston. Guest house ini de nanuy mempunyai 9 kamar sdgkan Melinda 10 kamar.

Guest house de nanuy mempunyai konsep penginapan yg sangat menarik. Penginapan yg terdiri 3 lantai ini berkonsep “hospitality”. Tiap lantai dan kamar terdapat balkon privat untuk tempat bersantai serta sirkulasi udara bagi tamu yg tidak suka AC, terdapat juga ruang family terbuka dan dapur di tiap lantai serta balkon besar dan ruang olah raga di top roof nya.

Secara umum keg. Investasi bisnis perhotelan di masa pandemi ini mengalami situasi yang sulit. Rata2 tingkat hunian sejak bulan maret yg lalu mengalami penurunan sangat tajam. Tingkat hunian hanya 10-20 % saja tetapi pada bulan agustus hingga saat ini kondisi mulai membaik tingkat hunian meningkat jadi 30 – 50 %.

Ada satu harapan permintaan dari para pemilik guest house kpd Pemerintah daerah agar kiranya Investasi/penanaman modal mereka tetap bertahan dan lebih berkembang yaitu dimohon perlakuan berbeda antara hotel yang bermodal kuat dan guest house yg bermodal pas2 an, yaitu pajak hotel yg lebih ringan untuk guest house.

admin